Minggu, 16 Oktober 2011

Resume Manajemen Sumber Daya Manusia (Chapter 4)

PROSES SELEKSI
Rekrutmen
• Proses pencarian atau mengundang calon-calon tenaga kerja yang mempunyai kemampuan sesuai dengan rencana dan kebutuhan organisasi di waktu tertentu, untuk melamar kerja  
Seleksi
• Proses memilih seseorang dari kelompok pelamar yang paling cocok/mampu menduduki posisi tertentu dan untuk organisasi.
 Jenis rekrutmen:
– Rekrutmen Internal
• proses untuk mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan tenaga kerja yang sudah ada atau yang sudah dimiliki oleh perusahaan .
– Rekrutmen Eksternal
• perusahaan mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang akan ditempatkan pada suatu jabatan tertentu dengan memperolehnya dari luar perusahaan, atau seringkali dinamakan sebagai outsourcing.
TAHAP DALAM REKRUTMEN DAN SELEKSI
1. Merencanakan kebutuhan karyawan baru (HR planning)
2. Mendapatkan orang yang tepat untuk melamar posisi
tersebut (rekrutmen)
3. Memutuskan siapa yang dipilih (seleksi)
4. Mendapatkan orang yang dipilih untuk mengambil pekerjaan
tersebut (placement)
Metode Rekrutmen
• Penataran/upgrading
• Pemindahan/mutasi
• Pengangkatan ( promosi )
• Penempatan pekerjaan
• Inventarisasi keahlian
Rekrutmen Internal
Keuntungan:
1.       Biaya relatif murah, karena tidak perlu proses seleksi seperti rekrutmen external.
2.       Organisasi mengetahui pekerja yang memiliki kemampuan untuk jabatan yang kosong.
3.       Pekerja memiliki motivasi yang tinggi krn mengetahui kemungkinan peningkatan
4.       Pengembangan karier jelas sehingga sulit menjalankan kewenangan dan kekuasaannya.
5.       Pekerja telah memahami secara baik kebijakan, prosedur, ketentuan dan kebiasaan organisasi.
Kerugian :
1.       Tidak selalu memberikan perspektif baru.

Rekrutment Eksternal
Keuntungan:
1.       Memiliki gagasan dan pendekatan baru.
2.       Bekerja mulai dari lemabaran bersih dan memperhatikan spesifikasi penaglaman.
3.       Tingkat pengetahuan dan keahlian tidak tersedia dalam perusahaan yang sekarang.
Kerugian :
1.       Penyesuaian lama.
2.       PEngetahuan akan moral dan komitmen karyawan rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar