Orienting Employees Orienting Employees
Orienting Employees
Work-unit orientation
• Membiasakan karyawan baru dengan tujuan unit
• Menjelaskan bagaimana pekerjaannya dapat memberikan kontribusi pada tujuan unit Training & Development
• Memperkenalkan karyawan baru dengan rekan kerjanya
Organization orientation
• Menginformasikan tentang tujuan perusahaan, sejarah, filsafat, prosedur dan aturan-aturan dalam organisasi
• Melihat seluruh bagian organisasi Training & Development The Training Process
Pelatihan dan Pengembangan
• Pelamar yang lulus seleksi berarti yang bersangkutan baru merupakan calon karyawan. Untuk diangkat menjadi karyawan tetap maka calon tersebut harus mengikuti masa percobaan melalui suatu pelatihan dengan jangka waktu 3 bulan, 6 bulann atau 1 tahun tergantung kebutuhan
• Pelatihan bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada calon pegawai sebelum bekerja. Pelatihan ditujukan untuk membiasakan calon karyawan dalam bekerja. Oleh karena itu selama pelatihan calon pegawai dilatih cara melaksanakan pekerjaan serta memahami visi dan misi bank
• Dalam masa latihan calon pegawai akan dinilai kemauan dan kemampuannya dalam melakukan pekerjaan, termasuk disiplin dan tanggung jawabnya
• Dari hasil penilaian pelatihan barulah diputuskan apakah calon pegawai tersebut dapat diangkat menjadi karyawan tetap atau tidak
• Pelatihan juga diberikan kepada karyawan lama dalam rangka penyegaran dan untuk meningkatkan kemampuannya dalam rangka pengembangan karir dan penentuan kompensasi yang bersangkutan
• Program pengembangan karir dapat dilakukan melalui :
• Pendidikan melalui paket khusus yang diberikan oleh lembaga pendidikan yang berpengalaman dibidangnya, misalnya pendidikan komputer, akuntansi, bahasa asing, marketing
• Mutasi antar bagian, memberikan pengalaman kerja yang baru dan menghindari kejenuhan pekerjaan. Mutasi dapat juga terjadi karena pegawai lalai atau tidak mampu melakukan tugas dengan sempurna
• Promosi, dengan cara memindahkan karyawan keposisi yang lebih tinggi. Dengan cara ini karyawan merasa dihargai kemampuan dan loyalitas yang telah diberikan pada bank dan motivasi karyawan akan meningkat
PENGEMBANGAN KARIER
• Salah satu usaha untuk pengembangan karir adalah dengan melalui penilaian prestasi kerja yang lazim dilakukan di dalam manajemen SDM
• Tujuan penilaian prestasi kerja antara lain:
• Memperbaiki kualitas pekerjaan
• Memudahkan dalam penempatan / mutasi
• Perencanaan dan pengembangan karir
• Kebutuhan pelatihan dan pengembangan
• Kesempatan kerja yang adil
• Teknik penilaian prestasi kerja dapat dilakukan melalui :
• Rating Scale, yaitu membandingkan prestasi kerja karyawan dengan skala tertentu
• Checlist, yaitu penilaian yang menggambarkan prestasi kerja dan karakteristik karyawan
• Critical Insident, yaitu menilai perilaku karyawan dalam melaksanakan pekerjaan
• Test dan Observasi, yaitu test pengetahuan danketerampilan baik secara tertulis maupun melalui peragaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar