Pemograman Berorientasi Objek adalah Kumpulan Berbagai macam objek data yang terstruktur dan memiliki metode yang dapat menghubungkannya dan saling berinteraksi satu sama lainnya.
Pengertian Pemograman Berorientasi Berbasis Objek
1.Object oriented progamming (OOP) is a progamming paradign using "Object" data Structures consisting of data field and methods together with their interactions to design applications computer program.
Object ==> Identitas,method
2.Object oriented progamming (OOP) is a progamming leanguage model organized around "Objects" rather than "Actions"
Paradigma dasar (Pilar-pilar) Pemograman Berorientasi Objek
1. Abstraction
-Bagaimana cara kita menproyeksikan masalah didunia nyata kedalam model.
Abstraction ==> Penyaringan/filtering
Filtering ==> Data & Proses
2.Encapsulation
-Berkaitan dengan Abstraction
-Encapsulation adalah informasi tersembunyi yang tidak dapat diakses oleh sembarang orang dan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan.
3.Inheritance
-Dalam hal ini ada kelas yang memiliki atribut dan metode yang sama dengan kelas lainya tetapi memiliki atribut dan metode tambahan yang merupakan sifat khusus kelas yang menjadi turunannya.-Turunan
4.Polymmorph
-Terjadi ketika induk memiliki method yang berbeda dengan anak induknya.
Concept of class and object
-Class is blueprint of object
-Object is instance of calss
Class dibedakan menjadi :
1.Data ==> attribute,properti,variable data member
sebaiknya data bersifat private
Constanta-data berisifat permanen dan tidak berubah rubah
2.Method==>prosedur,function,offeser,behaviour
Tidak ada komentar:
Posting Komentar